Sam Poo Kong, apa sih?



 Sam Poo Kong, apa sih?

Halo guys, di postin

Fotoku lagi di Sam Poo Kong. Kelilipan.
gan kali ini aku bakal sedikit ngasih informasi yang bermanfaat nih. Kalian tahu tentang apa? Ya tau lah, kan udah ada dijudul jeng, wkwk. Nha pasti beberapa dari kalian ada yang sudah tahu deh sama tempat yang hitz ini. Kalo kalian sering lihat postingan temen kalian di klenteng warna merah mampir di feeds IG kalian. Sudah bisa dijamin itu ada di Sam Poo Kong. FYI gengs, Sam Poo Kong lagi tenar-tenarnya di kalangan anak muda kaya kita, eh maksudku kalian :')

Oh iya, Sam Poo Kong terletak di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah ya guys. Jangan lupa mampir kalau kalian lagi di Semarang.  




Sejarah Sam Poo Kong
Biar kita pinter, yuk belajar tentang sejarah Sam Poo Kong ini. Jadi, asal muasal Klenteng Agung Sam Poo Kong adalah ketika armada Zheng He merapat di pantai Simongan – Semarang karena juru mudinya, Wang Jing Hong sakit keras. Sebuah gua batu dijadikan tempat beristirahat Zheng He dan mengobati Wang Jing Hong. Sementara juru mudinya menyembuhkan diri, Zheng He melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan perdagangan keramik serta rempah-rempah.

Selama di Simongan, Wang memimpin anak buahnya menggarap lahan, membangun rumah dan bergaul dengan penduduk setempat. Lingkungan sekitar gua jadi berkembang dan makmur karena aktivitas dagang maupun pertanian. Demi menghormati pimpinannya, Wang mendirikan patung Zheng He di gua batu tersebut untuk dihormati dan dikenang masyarakat sekitar. Inilah asal muasal dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.

Keunikan Sam Poo Kong
  1.  Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan bersejarah megah yang menyimpan unsur islam dalam kebudayaan Tiongkok.
  2.  Sam Poo Kong terdapat pohon rantai yang berusia 611 tahun
  3.  Awalnya bangunan Sam Poo Kong merupakan bangunan masjid, bukan sebuah klenteng.
  4.  Bangunan-bangunan yang berada di Sam Poo Kong sangat unik dan memanjakan mata. 
Opini Jadi, menurutku Sam Poo Kong recomended banget buat kalian yang pengen punya feeds Ig yang bagus dan nambah followers wkwk. Tempatnya nyaman, bersih, tertib, dan indah. Kalian gak usah bingung kalau mau cari makan, toilet, mushola, dsb. Fasilitas disana udah lengkap lho. Disana kalian bakal nemuin perpaduan budaya Islam dan Tionghoa. Tempat ini gak bakal bikin kalian nyesel deh.
Oke, sekian yang dapat aku sampaikan di postingan kali ini. Semoga menambah ilmu buat kita semua. Selamat bersenang-senang Guyssss :)



Sumber : IG @kakaasep







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Ziarah Habib Ahmad Sapuro

Peningalan Mataram Kuno di Pekalongan

Bhakti Putra Tour and Travel, Jenis Tour Apa?