Peningalan Mataram Kuno di Pekalongan

Mengenal Situs Linggo Yoni Naga Pertala di Petungkriyono, Pekalongan

Di Jawa tengah pada abad VIII masehi telah berdiri sebuah kerajaan yakni Mataram. Mataram yang bercorak Hindi-Buddha ini diperintah oleh dua dinasti (wangsa) yang berbeda. Dieng pernah menjadi pusat kerajaan Mataram Kuno. sehingga tak heran jika banyak terdapat peninggalan-pennggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang tersebar di sekitar daerah Dieng, salah satunya adalah Situs Linggo Yoni Naga Pertala di Petungkriyono. Situs Linggo Yoni Naga Pertala terletak di Dusun Telogopakis, Desa Telogopakis, Kec. Petungkriyono, Kab. Pekalongan.


Menurut pendataan penyelamatan Tahun 1990/1991, pendataan Benda Cagar Budaya (BCB) Tahun 1993/1994 dan pengadaan juru pelihara Tahun 1982/1983, pada lokasi ini ditemukan artefak berupa satu buah lingo yoni dan dua buah arca. Linggo Yoni adalah lambang kesuburan Kerajaan Mataram Kuno. Linggo berarti laki-lakidan Yoni adalah perempuan.
dua arca ganesha yang sudah tidak berbentuk doc.pribadi

saya bersama dengan Pak Ribut (juru kunci) memegang linggo yoni doc.pribadi


Keunikan Linggo Yoni Naga Pertala ini adalah terdapat hiasan kepala naga dibawah cerat yoni, tubuh naga melingkar dibawah badan yoni, naga memakai anting-anting kalung
(kluntingan),lidah menjulur keluar daengan hiasan daun, terdapat dua buah
lingo semu diatas cerat yang berada dikomplek situs lingo yoni.


ornamen nagapertala doc.pribadi



Kondisi sekarang Situs ini dalam keadaan ambruk ditengah sawah yang dulu diperoleh lewat cara hasil ekskavasi/survey. Banyak masyarakat Kab. Pekalongan yang tidak mengetahui adanya peninggalan ini. Situs ini belum mendapat perhatian lebih oleh masyarakat. Jika ingin berkunjung kesana harus terlebih dahulu menghubungi jurukunci. Jalan menuju kesana juga rusak dan terletak di pelosok. 

situs linggo yoni terletak di tengah sawah doc.pribadi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Ziarah Habib Ahmad Sapuro

Bhakti Putra Tour and Travel, Jenis Tour Apa?